Ini 7 Fungsi Appsflyer, Platform Untuk Mobile Marketing

Bagi yang banyak berkutat dengan mobile marketing, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Appsflyer.

Ini merupakan SaaS (software as a service) berupa platform analisis dan atribusi mobile marketing. 

Appsflyer didirikan oleh Oren Kaniel dan Resheff Mann pada 2011. Adapun perusahaan ini berkantor pusat di San Fransisco, California.

Bagi para digital marketer yang berfokus pada mobile marketing, platform ini sangat bermanfaat. Bahkan pembuat mobile apps pun bisa mendapat insight dari platform ini.

Baca Juga: Pahami 4 Strategi Mobile Marketing Biar Iklanmu Ditonton

Apa Itu Appsflyer?

appsflyer
(Foto mobile app. Sumber: Freepik.com)

AppsFlyer adalah software analitik dan pemasaran mobile apps yang memungkinkan pengembang, bisnis, dan agen pemasaran untuk melacak dan mengoptimalkan acquisition funnel mereka. 

Platform ini terintegrasi dengan banyak aplikasi, sehingga pengiklan dapat melakukan campaign promosi yang komprehensif.

Solusi ini dikembangkan untuk para profesional pemasaran berbasis data agar dapat membuat keputusan memaksimalkan ROI (return on investment) dan mengembangkan bisnis mobile apps mereka.

AppsFlyer mengaitkan setiap pemasangan ke campaign atau sumber media yang sesuai. 

Salah satu fitur yang paling menonjol, yaitu retargeting attribution. Fitur ini dapat menunjukkan campaign mana yang terbaik dalam memantik ulang engagement pengguna. 

Baca Juga: Ini 5 Kelebihan Bing Search Engine yang Perlu Diketahui

Fungsi Appsflyer

appsflyer
(Foto mobile marketing. Sumber: Freepik.com)

Agar dapat lebih memahami apa itu Appsflyer dan apa saja yang bisa diberikan platform ini bagi bisnismu, mari lihat apa saja fungsi platform ini.

1. Layanan Atribusi

Mengutip dari Lemon Ads, atribusi adalah proses menganalisis titik kontak konsumen yang berbeda di berbagai saluran pemasaran untuk menentukan konten mana yang paling memengaruhi mereka. 

Proses ini dapat membantu bisnis untuk memahami bagian konten mana yang memiliki dampak terbesar dalam hal menghasilkan konversi dan kinerja secara keseluruhan.

AppsFlyer dianggap sebagai pemimpin global terkait atribusi di ponsel karena menawarkan salah satu solusi paling andal dan akurat.

2. Analisis Pemasaran

Salah satu keuntungan terbesar dari digital marketing dibandingkan metode tradisional, yaitu kemampuan untuk melacak kinerja iklan. 

Namun, keakuratan pelacak yang kamu pilih akan berdampak langsung pada nilai data yang kamu kumpulkan.

Untungnya, AppsFlyer menyertakan fitur analitik pelacakan dan pemasaran yang memungkinkanmu melihat metrik kinerja dasar dan lanjutan untuk mobile apps kamu. 

Tidak hanya itu, kamu juga dapat memilih dari banyak koleksi grafik dan alat bantu visual yang menyederhanakan proses analisis kinerja.

3. Agregasi Biaya dan Perencanaan Anggaran

AppsFlyer menyediakan layanan agregasi biaya yang disebut Xpend. Layanan ini dirancang untuk memberikan gambaran akurat tentang anggaran pemasaran bisnismu. 

Gagasan di balik layanan ini, yaitu memberi penggunanya kendali penuh atas dana pemasaran dan membantumu melihat dengan tepat berapa banyak yang kamu hasilkan dari investasi pada pemasaran tersebut. 

Dengan mengumpulkan, membandingkan, dan menampilkan distribusi anggaran, Xpend dapat mengidentifikasi area peningkatan dan memastikan bahwa kamu mendapatkan hasil maksimal dari modal yang sudah kamu keluarkan.

4. Perlindungan Penipuan

Penipuan menjadi salah satu hambatan terbesar bagi kesuksesan dan pertumbuhan industri periklanan digital. 

Dalam banyak kasus, memiliki mekanisme keamanan yang kuat biasanya menghabiskan biaya cukup besar. 

Namun, AppsFlyer dapat menyediakan perlindungan dari penipuan, yang disesuaikan dengan anggaran masing-masing klien.

Layanan keamanan platform ini memanfaatkan sistem perlindungan berlapis yang mencegah penipu menghabiskan dana pemasaran, mencemari data, dan menyia-nyiakan sumber daya bisnismu.

5. Deep Linking

Penempatan tautan yang tepat pada iklan mobile, dapat membantumu mengubah prospek menjadi pelanggan. 

AppsFlyer menyediakan layanan deep linking yang efektif, didukung oleh kekayaan informasi yang tersedia melalui platform analitik pemasarannya.

Bagian terbaiknya, yaitu kamu dapat menargetkan pelanggan potensial melalui web seluler, email, media sosial, pesan teks, push notification, serta saluran lainnya.

6. Fitur Segmentasi Audiens

Audiens memegang kunci untuk membuat campaign yang tepat, jadi kamu perlu memahami prospek untuk menghasilkan materi yang menarik. 

Meski pengumpulan informasi sangat penting, kamu juga harus mengolahnya dan mengubahnya menjadi data fungsional agar efektif.

AppsFlyer dapat membantumu memaksimalkan data yang kamu kumpulkan melalui fitur segmentasi audiens. Ini memungkinkanmu mengelola dan menggunakan data tentang pelanggan potensial dari satu tempat.

7. Data Stream

Mirip dengan informasi yang kamu kumpulkan tentang karakteristik audiens, memiliki data campaign yang tersedia secara real-time, bukan berarti kamu menggunakannya dengan benar. 

Melalui layanan data stream AppsFlyer, publisher dapat menerapkan push API dan pull API yang disesuaikan.

Ini dapat membantu mereka memisahkan data ke dalam ekosistem pemasaran dan bisnis secara keseluruhan.

Baca Juga: Contoh Rekap Data Penjualan dan Manfaatnya Bagi Bisnis

website ecommerce sirclo

Kelebihan Appsflyer

appsflyer
(Pengguna smartphone. Sumber: Freepik.com)

Sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakan Appsflyer, kamu bisa membandingkan kelebihan dan kelemahannya. Terkait kelebihan Appsflyer, berikut ini daftarnya:

1. Data yang Akurat

Manfaat paling penting dari AppsFlyer, yaitu kemampuannya untuk secara akurat menentukan asal setiap instalasi aplikasi. 

Hal ini memungkinkan mobile marketer dan pemilik aplikasi untuk mengetahui campaign mana yang berfungsi, sekaligus mengungkapkan materi mana yang berkinerja buruk. 

Kamu dapat menggunakan data ini untuk menduplikasi konten yang memberikan hasil terbaik di seluruh campaign dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

2. Perlindungan Kuat

Iklan mobile merupakan industri sangat besar, maka tak heran banyak pelaku penipuan yang menjadikannya sebagai target.

Layanan perlindungan dari penipuan yang ditawarkan AppsFlyer, dapat membantumu mengidentifikasi potensi penipuan dan melindungi aset dari peretas. 

3. Implementasi Inovatif

AppsFlyer menjadi salah satu platform atribusi terkemuka sejak pertama kali didirikan pada 2011. 

Meski demikian, tim di belakang platform analitik pemasaran ini sangat berfokus pada peningkatan semua fiturnya. Hal ini untuk meningkatkan fungsionalitas serta kinerjanya dari waktu ke waktu. 

Semua peningkatan ini diuji sebelum dirilis dan diimplementasikan secara bertahap. Artinya, layanan platform ini ditingkatkan tanpa adanya downtime.

4. Terpusat pada Pelanggan

AppsFlyer didirikan dalam rangka membantu meningkatkan transparansi dan memberdayakan para marketer untuk membuat keputusan lebih baik. 

Hal ini menjadikan platform ini sebagai perusahaan yang customer-centric. Platform ini melanjutkan tradisi ini hingga saat ini, dengan melakukan perbaikan berdasarkan apa yang paling dibutuhkan oleh klien.

5. Tersedia pada Semua Perangkat

AppsFlyer cocok untuk afiliasi, agensi, pengiklan, dan stakeholder lainnya dari semua ukuran, karena platform ini berbasis cloud

Pengguna dapat mengakses platform ini di browser web apa pun selama mereka memiliki akun, terlepas dari sistem operasi yang digunakan.

Baca Juga: 10 Cara Membuat Website Mobile Friendly untuk Tingkatkan SEO

Kekurangan Appsflyer

appsflyer
(Notifikasi di smartphone. Sumber: Freepik.com)

Terlepas dari sejumlah kelebihannya yang membuat platform ini unggul, terdapat sejumlah kelemahan pula. Berikut ini daftar kelemahannya:

1. Integrasi yang Relatif Ketinggalan Zaman

AppsFlyer memanfaatkan teknologi API di beberapa layanannya, tetapi masih menawarkan fitur integrasi yang relatif sederhana untuk kliennya. 

Misalnya, jika kamu adalah publisher iklan langsung dan bukan agensi, kamu harus meminta tim support untuk membantumu mengintegrasikan platform ke sistem bisnismu.

2. Hanya Menampilkan Cohort Revenue

Kelemahan terbesar dari AppsFlyer, yaitu hanya memberikan jumlah cohort revenue atau pendapatan kohort yang dihasilkan oleh campaign, bukan nilai sebenarnya. 

Ini dapat menimbulkan kebingungan jika kamu tidak terbiasa dengan platform ini. Biasanya, banyak pengguna baru salah membaca laporan analitik.

3. Fitur Laporan yang Membingungkan

AppsFlyer melakukan pekerjaan luar biasa dalam mengumpulkan data mentah. Namun, satu-satunya cara untuk menganalisis informasi ini secara mendalam, yaitu dengan membacanya secara manual. 

Ini bisa membuatmu kewalahan dan membosankan bagi marketer yang tidak terbiasa mengurai jenis informasi ini secara manual, terutama bagi pemula.

Baca Juga: Twitter Analytics: Fitur, Kegunaan, dan Cara Pakainya

Berapa Harga Appsflyer?

Ini 7 Fungsi Appsflyer, Platform untuk Mobile Marketing
(Harga Appsflyer. Sumber: Pixabay.com)

Berdasarkan laman pricing di Appsflyer, platform ini menawarkan tiga jenis paket, yakni Zero, Growth, dan Enterprise.

Pada paket Zero, platform ini menawarkan penggunaan secara gratis dengan tambahan trial 30 hari untuk sejumlah add-on premium. paket ini cocok untuk pemula dengan budget minim.

Adapun paket Growth dimulai dari harga 6¢ per konversi. paket ini cocok untuk bisnis kecil hingga menengah untuk mengoptimasi campaign bisnis.

Yang terakhir, yaitu paket Enterprise. Platform ini tidak menyebutkan harga spesifik untuk paket layanan ini, karena harganya bisa berbeda berdasarkan kebutuhan.

Jika punya modal yang cukup besar, maka kamu bisa menggunakan paket ini dengan memasukkan data diri terlebih dahulu.

Baca Juga: Ini Cara Instal SEOquake, Extension Analisis SEO dari Semrush

Itu dia penjelasan mengenai Appsflyer. Semoga informasi ini dapat membantu.

website ecommerce sirclo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *